SKS DAN MOVING CLAS DI SMAN 1 CIAMIS

Tahun pelajaran 2008/2009 merupakan  tahun kedua SMAN 1 Ciamis mengemban tugas sebagai sekolah rintisan Kategori mandiri atau sekolah standar Nasional (SSN). Tentunya  SMA Negeri 1 Ciamis harus berusaha memenuhi delapan standar nasional pendidikan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itulah pada tahuan ini kegiatan pembelajaran menggunakan sistem moving clas dan beben belajar siswa dinyatakan dengan Satuan Kredit Smesetr (SKS). Dengan sistem ini tidak lagi dikenal kelas X, XI, dan XII, digandi dengan kelas mata pelajaran, misalnya kelas P. Agama, kelas Bahasa Indonesia,  Kelas Biologi dan Kelas Ekonomi.

Untuk menyelesaikan pembelajaran di SMA Negeri 1 Ciamis  minimal harus menyelesaikan 120 SKS, siswa secara mandiri menepuh setiap SKS di bawah bimbingan pembimbing akademik. ( peranan wali kelas digandi dengan pembimbing akademik). Siswa dapat mnyelesiakn beban belajar tersebut kurang dari 6 semester atau 3 tahun. Bila siswa yang berkemampuan standar menyelesaikan dalam jangka waktu 6 semester dengan beban belajar 20 SKS per semester. Siswa yang berkemampuan lebih mereka dapat mengambul beban belajar lebih dari 20 SKS (max 28/30 SKS). Siswa diberi kesempatan belajar maksimal selama 10 semester atau 5 tahun, jika tidak dapat menyelesaikan dalam jangka waktu maksimal siswa tersebut akan dikeluarkan dan dinyatakan tidak lulus. Namun demikian sekolah akan membantu siswa agar dapat menyelesaikan studi minimal 3 tahun, untuk itulah sekolah mengadakan kegiatan pembelajaran semester pendek (SP)

Kurikulum SMA Negeri 1 Ciamis berbasis SKS berbeda dengan kurikulum sistem paket, untuk itulah sekolah membentuk tim pengembang kurikulum yang bertugas melakukan inovasi dalam kurikulum Khususnya untuk SMA Negeri 1 Ciamis, bahkan jika mungkin menjadi model bagi sekolah-sekolah lain. TIM tersebut ditunjang oleh lembaga independen  yaitu Pusat Aplikasi Sekolah (PAS) dan Lembagai Penelitian dan Pengembangan (Litbank). Salah satu tuntutannya adalah kgiatan pembelajaran  berbasis ICT, maka setiap kelas dikelas 10 telah divasilitasi dengan laptop dan LCD projektor. Bapak ibu guru di tuntut untuk mengasai ICT.

Kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan Tatap Muka (TM), Pembelajaran Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Tertsruktur (KMTT). Kegiatan Tatap Muka,  berupa kegiatan pembelajaran yang direncanakan dan dikelola oleh guru dalam rangka memberikan informasi materi pembelajaran. Guru mengelola kegiatan Tatap muka dapat menggunakan pendekatan ekpositori atau pendekatan lainnya yang dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dan siswa memdapatkan informasi yang lengkap. Kegiatan tatap muka baik dalam sstem paket maupun dam sistem SKS dijadwalkan.

Pembelajaran Tertsruktur (PT), kegiatan dengan tujuan untuk menguatkan pemahaman siswa, guru mengelola kegiatan ini dengan menggunakan pendekatan hauristik, bersifat student centerid. Dalam kurikulu sistem peket PT tidak terjadwalkan tetapi dalam sistem SKS terjadwalkan maksimal 60% dari tatap muka. KMTT, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan pemahaman siswa dengan penyelesaian pembelajaran ditentukan oleh siswa, dan tidak dijadwalkan. Contoh sederhana KMTT adalah guru memberikan PR atau tugas mandiri kepda siswa. Yang harus menjadi catatan adalah tugas yang diberikan oleh guru harus dapat diselesaiakn oleh siswa maksimal dalam jangka waktu 60%  dari kegiatan tatap muka.

Dengan sistem SKS siswa dipelakukan secara mandiri, sehingga pada hakekatnya siswa dalam menentukan kelaspun dapat menentukan sendiri, begitu pula penjurusan, pada hakekatnya siswa dapat menentukan sendiri. Namun demikian sebaiknya siswa berkonsultasi dengan guru BK dan pembimbing kademik.

Semoga Sistem SKS di SMA Negeri 1 Ciamis dapat berjalan dengan sukses dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten Ciamis. Kepasa TPK, PAS, dan Litbang selamat berkerja. Terima masih kami sampaikan kepada Komite SMA Negeri 1 Ciamis yang benar-benar mendukung seluruh program Rintisan SKM di SMA Negeri 1 Ciamis. Terima kasih pula kami sampikan kepada steakholder SMA Negeri 1 Ciamis. Orang tua siswa yang begitu antusias mendukung program kerja SMA Negeri 1 Ciamis. Kami banga!!!!!!!

Iklan

8 Tanggapan

  1. programna mah tos sae,…tinggal kua;litas guruna,..katingalna teh seueur guru nu eleh ku murid dina masalah IT,…seueur guru nu teu tiasaeun komputer ,…solusina gmana?,..#%@$!$^%^%$^W%IR$

  2. sepertinya bagus denagn diterapkan sistem SKS ini.. tapi bagaimana dengan metode pembelajran yang diterapkan guru??apa sudah diperbaiki juga..

    • Metode pembalajaran boleh dipantau, 22 oktober ada open lesson Kimia. Boleh dilhatloh Bebas. Gratis. Kota coba terapkan lesson study di smansa

  3. keren lah,,,,

    tapi kurang keren murid2’y….
    pada sombong….

    toltong perbaiki ya…..

    thx.

  4. Tak kenal maka tak sayang. Kenali mereka sopasti ngak sombong-sombong. You

  5. dari sistem sebelumnya (yang belum menerapkan sks)< apakah ada perubahan dalam kualitas akademik siswa ? semakin baguskah atau persentasi penurunannya lebih besar?
    bagaimanakah menurut pendapat siswa sendiri dg sistem moving class ini?

  6. punten kang, kalo kaitanya dengan SNMPTN Undangan gimana, bermasalah gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: